Kamis, 10 Februari 2011

Penyakit Hati

Seorang wali besar yang merasa dirinya begitu dekat dengan Tuhan, Ibrahim Al Khowasi, pada suatu hari sedang melakukan safar, sebuah perjalanan untuk mendalami makrifat dan hakikat. Ia telah menempuh gunung demi gunung, hujan dan panas, sampai akhirnya ia kehausan di tengah-tengah suatu padang yang tandus

Matahari amat terik menyengat sekujur tubuhnya sehingga zat cair di dalam jasadnya bagaikan diperas habis. Pada waktu dahaganya kian memuncak dan bibirnya sudah pecah-pecah, dengan mata yang berkunang-kunang Ibrahim Al Khowasi melihat di atas sebuah bukit kecil ada sebatang pohon delima, satu-satunya pohon buah di antara semak-semak gurun yang berduri.

Terseret-seret langkahnya tatkala ia bergegas-gegas menuju ke bukit itu. Beruntung dia, di pohon tersebut terdapat sebutir buah delima, kecil tetapi kuning ranum kemerah-merahan. Tanpa berpikir panjang lagi, Ibrahim Al Khowasi dengan gembira memetik buah itu dan segera memecahkannya, lantas memasukkannya ke dalam mulut.

Ia sudah membayangkan sebelumnya betapa nikmat dan segar rasanya apabila di tengah panas seterik itu memakan delima yang matang. Ternyata yang dibayangkan tidak seperti yang dialaminya. Buah delima itu rasanya hambar dan pahit sampai ia memuntahkannya buru buru, karena di mulutnya bahkan terasa getir dan gatal.

kemudian ia meneruskan perjalanan. Hari telah rembang petang ketika ia tiba di sebuah daerah yang subur dan penuh di tumbuhi bunga-bungaan yang sedang berkembang serta menyebarkan bau harum. Ketika ia akan beristirahat, tiba-tiba terdengar suara tua mengerang ngerang kesakitan di balik bunga-bungaan yang rimbun. Ibrahim cepat-
cepat mendatangi tempat itu dengan maksud hendak memberikan pertolongan seandainya diperlukan.Di situ ia melihat seorang kakek yang terbaring tanpa daya dengan tubuh bengkak-bengkak bekas disengat lebah berbisa. Ibrahim berjongkok mau menolong kakek itu, namun si kakek sudah keburu bangkit, lantas duduk seraya berkata, " Apa kabar, Ibrahim Al Khowasi?"

Wali besar ini kaget. Ia bertanya, " Siapakah Tuan? Di mana Tuan mengenal saya, dan kapan kita pernah berjumpa." Kakek tadi menjawab dengan angkuh, "Wahai , Ibrahim, mengapa heran? Aku ini orang yang sangat dekat dengan Tuhan. Aku tidak perlu bertemu dulu untuk mengenal dirimu dan mengetahui apa tujuan kepergianmu."

Ibrahim tersinggung. Sombong betul kakek ini. Maka ia menjawab, "Hai, orang tua, alangkah angkuhnya sikapmu. Engkau mengaku dekat dengan Allah, tetapi badanmu penuh dengan luka luka membengkak akibat sengatan lebah berbisa. Kalau memang engkau dekat dengan Allah, bukankah seharusnya, tatkala lebah-lebah itu hendak menyerang tubuhmu, engkau bisa memohon kepada Allah agar melindungimu dari serbuan binatang-binatang kecil itu?"

Kakek tersebut tersenyum dan menyahut, "Ternyata engkau masih picik, Ibrahim. Aku tahu engkau pun menganggap dirimu telah dekat dengan Allah. Namun mengapa ketika tanganmu terangkat keatas akan memetik buah delima yang engkau tidak tahu siapa pemiliknya dan engkau belum minta izin kepadanya, engkau tidak memohon agar Allah melindungimu dari perbuatan curang seperti itu? Ibrahim, sakitku ini akibat disengat lebah hanyalah sakit badan kasar yang akan sembuh kembali, di obati ataupun tidak.
Tetapi penyakitmu yang masih mudah tergiur oleh hawa nafsu adalah penyakit dalam, penyakit hati, yang akan terus mengeram dan menyebar menjadi benih benih maksiat sepanjang hidupmu apabila engkau tidak segera bertaubat.

Karena itu pulanglah engkau kenegerimu, renungkanlah dosamu, obatilah penyakit hatimu sebelum engkau berusaha mengobati orang lain. Banyaklah berpuasa, berdzikir, mengingat Allah, di samping beramal menyebarkan manfaat dan kebaikan kepada masyarakat sekelilingmu, kepada alam sekitarmu tempat engkau dibangkitkan Tuhan untuk menjadi orang suci, pelihara amanat Tuhan ini.