Senin, 07 Februari 2011

9 Jurus Penangkal Stress

 - Hidup di kota besar memang kerap dibayangi oleh stress, namun bukan berarti stress tersebut tak dapat dihindari. Beberapa kiat berikut dapat membantu kamu untuk mengatasi stress kala akan menyerang.

1. Pertimbangkan untung-ruginya
Hindarilah semua situasi yang mengakibatkan stres dan ubahlah cara pandangmu. Tanyalah dalam hati, apakah situasi tersebut dapat kamu kendalikan atau kamu ubah menjadi menyenangkan.



2. Hindari zat stimulan
Banyak zat stimulan yang mengakibatkan orang stres, seperti rokok dan kafein. Rokok memang dapat menenangkan saraf, namun efeknya hanya sementara. Kandungan nikotinnya adalah stimulan yang dapat mempengaruhi sistem saraf. Kafein juga dapat mengakibatkan orang merasa tidak tenang.

3. Jangan lupa olahraga
Aerobik teratur dapat menurunkan kadar hormon stres darah. Bahkan jalan cepat dapat menghalau rasa marah.
Para pakar menganjurkan olahraga selama 30 menit per hari. Namun, olahraga tiga kali per minggu pun sudah sangat bermanfaat.

4. Pelajari teknik-teknik khusus
Ada banyak teknik khusus untuk menghilangkan stres. Yang paling efektif ialah meditasi, yoga, dan biofeedback. Bahkan kebiasaan sederhana pun dapat menurunkan stres, seperti mendengarkan musik, membaca, berkebun. Kuncinya ialah semua kegiatan yang memungkinkan kecemasan terlupakan.

5. Catat situasi yang menimbulkan stres
Catatlah semua situasi yang berpotensi mengakibatkan kamu stres, terutama jam dan lingkungannya. Lalu, ubah atau hindarilah situasi seperti ini. Tetapi, kamu tidak dianjurkan untuk melarikan diri dari tugas. Untuk itu, susunlah daftar prioritas tugas harian. Kalau salah satu tugas ini ternyata menimbulkan stres, cobalah teknik penenangan di atas. Kalau situasinya mendesak, keempat teknik cepat di bawah ini dapat membantu.

6. Tarik nafas pelan-pelan
Kalau ternyata suatu kejadian menyebabkan kamu stres, berhentilah sejenak dan tarik nafas dalam-dalam. Kemudian, tahan nafas tersebut sebentar, lalu lepaskan perlahan-lahan. Saat menghembuskan nafas, kamu juga dapat membayangkan diri membuang ketegangan pikiran.

7. Duduk rileks.
Carilah tempat yang enak untuk duduk, misalnya kursi di kantor Lemaskanlah bahu dan biarkan tangan jatuh. Letakkan telapak tangan dengan terbuka di atas paha. Sambil melemaskannya, lebarkan kaki sedikit dan biarkan telapak kaki terbuka ke luar. Biarkan kepala jatuh ke depan dan mata tertutup. Lalu, tariklah nafas dalam-dalam beberapa saat.

8. Peregangan pasif
Otot juga dapat dilemaskan tanpa kerja keras, dengan memanfaatkan gravitasi bumi. Lemaskanlah leher dan biarkan kepala jatuh ke depan sebelah kanan. Sambil mengikuti irama nafas, biarkanlah kepala makin jatuh. Lakukanlah teknik ini pada bahu, lengan dan punggung.

9. Imajinasi.
Ambillah posisi yang enak untuk tubuh dan biarkan mata tertutup Bayangkanlah tempat-tempat paling menyenangkan yang pernah kamu nikmati, seperti danau, gunung, pantai. Cobalah merasakannya dengan kelima indera kamu.